Gangguan Jaringan Kabel pada layanan Speedy mempunyai kesulitan yang variabel, namun jika kita dapat melakukan analisa yang tepat dan kerja yang efisien akan lebih mudah dan lebih cepat. Kemungkinan di bawah ini 90 % benar.

SNR dibawah 25 dB  Redaman dibawah 45 dB

Penyebab gangguan : Port Dslam, Kabel DW atau IKR/IKG

Minta tolong reset port  ke TDC, jika masih ukuran jelek :

Pengecekan dapat langsung ke rumah pelanggan, lakukan pengukuran di KTB, jika bagus perbaiki IKR/IKG, tidak boleh ada paralel sebelum splitter, kabel telpon tidak boleh sejajar berendeng dengan kabel listrik.

Jika ukuran masih jelek ukur di DP, jika ukuran bagus ganti kabel DW.

Modem yang jelek juga dapat mempengaruhi ukuran parameter Jaringan. Pengetesan dapat dilakukan dengan koneksi LAN satu persatu jika Speedy digunakan untuk PC lebih dari satu.

SNR dibawah 25 dB  Redaman diatas 45 dB

Penyebab Gangguan : Port DSLAM, Kabel Primer, Kabel Sekunder atau Modem/Splitter.

Minta tolong reset Port ke TDC, juka ukuran kabel masih jelek :

Pengukuran di mulai dari MDF, ke RK sampai ke DP untuk menentukan penyebab gangguan secara step by step. Lakukan Change Port jika di MDF sudah jelek, dan lakukan omset kabel Primer atau Kabel sekunder.

Jika di suatu RK atau DP  ukuran parameter elektiknya banyak yang jelek laporkan ke bagian Maintenance (ANM).

Jika tidak mempunyai alat ukur, dapat mempergunakan Modem  hasil Inovasi Rekan CPE, dan untuk ukuran dapat minta tolong rekan-rekan di TDC untuk melihat di NMS.

SNR dibawah 25 dB  Redaman dibawah 66 dB ,tetapi Attainable Rate dibawah 2000 kbps

Penyebab gangguan : Redaman kabel tersebut menurunkan kualitas kecepatan yang dapat dilewatkan, atau ada kebocoran kapasitansi pada jalur kabel yang dilewati speedy, dapat di cek dengan alat ukur Card Test Sunset atau sejenis.

masih nyambung..